Diskominfo Kab. OKU Membuka Acara Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) dengan Sistem Computer Assisted Test (CAT) Tahun 2020

diskominfo
By diskominfo July 26, 2020 03:06

Diskominfo Kab. OKU Membuka Acara Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) dengan Sistem Computer Assisted Test (CAT) Tahun 2020

Diskominfo Kab. OKU Membuka acara Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) dengan Sistem Computer Assisted Test (CAT) tahun 2020 bertempat di Gedung Bandiklat kab. OKU (Sabtu, 25 Juli 2020).

Sebanyak 112 anggota Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) dari Provinsi Sumatera Selatan mengikuti Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) di Gedung Bandiklat Kab. OKU pada hari Minggu tanggal 26 Juli 2020. Ujian akhir tersebut dalam rangka mendapatkan Izin Amatir Radio (IAR) yang diterbitkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI. Adapun tingkatan yang diujikan di antaranya tingkat siaga, tingkat penggalang, dan tingkat penegak.

Ketua panitia Ujian Negara Amatir Radio (UNAR), Yosi Syahroni, S.E., M.M mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan kesempatan bagi para amatir radio untuk mendapatkan legalitas dari pemerintah terkait penggunaan perangkat spektrum radio.

Ujian negara tersebut guna memberikan pengetahuan tentang tata cara berkomunikasi melalui frekuensi dua meter band. Sekaligus memberikan wawasan terhadap para breaker (pengguna radio amatir) untuk mengetahui manfaat penggunaan radio sebagai alat komunikasi.

Bupati OKU Drs. Kuryana Aziz dalam sambutannya yang di wakilkan oleh Kepala Dinas Kominfo Kab. OKU Priyatno Darmadi, S.Sos., M.Si mengatakan “untuk penggunaan frekuensi radio perorangan, dapat kita menjadi anggota amatir radio. Tentunya melalui tahapan seperti saat ini untuk diuji kemampuan kita. Sehingga bila dinyatakan lulus berarti kita layak menjadi anggota amatir dan bias berkomunikasi dengan anggota amatir Negara lain di dunia.” Drs. Kuryana Aziz juga mengatakan bahwa perlu kita sama-sama untuk menjaga nama baik bangsa dan Negara kita dengan berkomunikasi sesuai aturan dan juga kode etik orari. Disamping itu, kita bisa menjalin hubungan baik dengan anggota amatir Negara lain. Bertukar informasi guna kepentingan memajukan masyarakat pedesaan dan perkotaan dari ebrbagai sector kehidupan.

 

Turut hadir dalam acara ini Bupati Kab. OKU, Ketua Orari Provinsi Sumatera Selatan, Ketua Lokan Orari Baturaja, Peserta Ujian Negara Amatir Radio

diskominfo
By diskominfo July 26, 2020 03:06