PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H Serahkan Bantuan 1 unit Mobil Damkar

diskominfo
By diskominfo Februari 4, 2022 23:03

PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H Serahkan Bantuan 1 unit Mobil Damkar

PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., menyerahkan bantuan 1 unit mobil pemadam kebakaran untuk posko pemadam kebakaran Kecamatan Sinar Peninjauan. Penyerahan ini dilakukan mewarnai pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan dan Pembinaan Desa/Kecamatan Sinar Peninjauan Tahun 2022 Bertempat di Gedung Serbaguna Kecamatan Sinar Peninjauan, Jumat ( 4/02/2022).

Camat Sinar Peninjauan, Ahmad Hidayat, S.STP, M.Si, Mengatakan Musrenbang tingkat Kecamatan adalah suatu forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Daerah kabupaten/Kota.

“Tujuan penyelenggaraan Musrenbang tingkat Kecamatan ini antara lain menjaringi Informasi serta membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan Desa/Kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan,” katanya.

PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Mengatakan Musrenbang Kecamatan merupakan tahapan lanjutan dari Musrenbang tingkat Desa yang hasilnya sudah diinput pada Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Kementerian Dalam Negeri.

Agenda utama Musrenbang Kecamatan ini untuk melakukan kompilasi atau membahas dan menyepakati usulan kegiatan yang belum menjadi kegiatan prioritas dan usulan yang menjadi prioritas. Musrenbang ditujukan untuk menghimpun berbagai usulan pembangunan tingkat Kecamatan Sinar Peninjauan tersebut dilaksanakan di Kantor Camat Sinar Peninjauan.

“Ada beberapa permasalahan yang menjadi tantangan di tahun 2022. Diantaranya adalah tingkat kemiskinan yang masih tinggi, IPM yang masih dibawah rata-rata, pertumbuhan ekonomi yang tidak rata dan stabil, kesenjangan ekonomi dan rendahnya kemandirian keuangan daerah,” ujarnya.

Sedangkan yang menjadi isu strategis adalah peningkatan kesejahteraan, percepetan pertumbuhan ekonomi wilayah, peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur yang sesuai dengan Perpres No 80 tahun 2019 hingga kesehatan masyarakat.

“Dengan adanya pandemi Covid-19, beberapa pembangunan dan program kerja jadi tertunda. Sehingga dengan Musrenbang ini diharapkan dapat menentukan prioritas pembangunan ke depan,” ungkapnya.

Hasil kesepakatan Musrenbang Kecamatan ini dituangkan dalam berita acara yang disampaikan kepada Bappelitbangda sebagai bahan penyusunan rencana daerah dan Dinas/Instansi terkait sebagai bahan penyusunan rancangan Renja perangkat daerah yang akan dibahas pada forum perangkat daerah.

Edward Candra mengharapkan pengambilan keputusan terhadap usulan kegiatan perlu dipertimbangkan usulan yang lebih penting dan mempunyai nilai manfaat lebih banyak bagi masyarakat.

diskominfo
By diskominfo Februari 4, 2022 23:03