PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Pimpin Paparan Program dan Kegiatan OPD Tahun Anggaran 2022

diskominfo
By diskominfo April 13, 2022 04:08

PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Pimpin Paparan Program dan Kegiatan OPD Tahun Anggaran 2022

PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Pimpin Paparan Program dan Kegiatan OPD Tahun Anggaran 2022, Bertempat di Ruang Rapat Bina Praja Pemkab OKU. (Selasa, 12/04/2022).

Kadin Ketahanan Pangan OKU Ir. Supriyono., Melaporkan program utama Dinas Ketahanan Pangan tahun 2022 adalah program penunjang urusan Pemerintah Daerah, program pengelolaan sumber daya ekonomi untuk kedaulatan dan kemandirian pangan, program peningkatan diversifikasi dan ketahanan pangan masyarakat, program penanganan ketahanan pangan, dan program pengawasan keamanan pangan.

Pengembangan rencana inovasi I yang dilakukan DKP adalah pemanfaatan perkarangan sebagai Food Botanical Garden dengan aplikasi inovasi Karang Bungaku” (Perkarangan-ku Lumbung pangan-ku). Pengembangan II adalah Toko Mitra Tani (TTIC) sebagai instrumen penguatan pasokan dan stabilitas harga pangan.

Kadin Pariwisata OKU H. Topan Indra Fauzi., Menyampaikan laporan paparan program kerja dan kegiatan tahun anggaran 2022 antara lain program peningkatan daya tarik destinasi pariwisata yaitu pengelolaan destinasi pariwisata penetapan tanda daftar usaha pariwisata daerah. Di bidang pengembangan kebudayaan, yaitu di titikberatkan kepada masyarakat sebagai pelaku utama untuk pengelolaan dan pelestarian kesenian tradisional. Program lainnya adalah kegiatan pengelolaan museum.

Sedangkan, Kadin Pemuda dan Olahraga OKU Hemni Rusdi, S.E., Melaporkan paparan program kerja dan kegiatan Dispora tahun anggaran 2022. Adapun program kerja, kegiatan bidang kepemudaan tahun anggaran 2022, penyelenggaraan seleksi dan pelatihan pasukan pengibar bendera, pemuda pelopor, jambore pemuda daerah, kewirausahaan pemuda, penyuluhan narkoba, pemuda pemudi peduli lingkungan asri dan bersih, jambore Purna Paskibraka Indonesia, fasilitas kegiatan KBPI, dan Pramuka, pelaksanaan harian Sumpah Pemuda.

Terkait inovasi, Dispora OKU membentuk Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD).

PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah., Mengatakan apa yang telah dipaparkan oleh Dinas Ketahanan Pangan, ini ada hubungannya dengan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang di gagas oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru.

Sekarang ini, kecenderungan meningkatnya prevalensi gizi buruk di Kabupaten OKU ini, karena tahun 2021 yang lalu, OKU ditetapkan sebagai lokus stunting Nasional tahun 2021. Untuk itu, Teddy Meilwansyah mengharapkan kepada Dinas Ketahanan Pangan dapat mengambil langkah-langkah strategis dengan melibatkan lintas OPD dapat menurunkan angka stunting ini.

Pada paparan Dinas Pariwisata, Teddy Meilwansyah menyebut tentang pembuatan aplikasi, ini semua OPD membuat aplikasi masing-masing menampilkan potensi yang ada di OKU. Dengan banyaknya aplikasi, Teddy Meilwansyah mengharapkan agar dapat disinergikan dengan Dinas Kominfo.

Terkait kendala masalah promosi dapat berkoordinasi dengan DInas Kominfo dan Prokopim Setda OKU.

Disisi lain, Dinas Pariwisata terlebih dahulu membuat kajian pariwisata yang ada di OKU, sebelum dipromosikan, dengan mengajak lintas OPD, sehingga bisa meringankan beban Dinas Pariwisata dalam membuat program yang ada di OKU ini.

Menanggapi paparan Dinas Pemuda dan Olahraga, ada tiga hal yang disampaikan. Yang pertama, di Kabupaten OKU sekarang banyak berkembang berbagai jenis olahraga, salah satunya adalah olahraga Kormi. Seluruh potensi olahraga harus kita kembangkan tentu saja sudah mendapatkan perhatian khusus dari kita semua, karena antara olahraga prestasi dan rekreasi sama yaitu untuk meningkatkan minat dan partisipasi masyarakat berolahraga.

Ditambahkan, keberadaan atlet penyandang disabilitas sepertinya kurang mendapat perhatian, namun sebaliknya para atlet disabilitas ini menunjukkan prestasi yang luar biasa pada ajang kejuaraan cabang olahraga penyandang cacat beberapa waktu lalu.

 

Sumber : Protokol&Komunikasi Pimpinan Pemkab OKU

diskominfo
By diskominfo April 13, 2022 04:08