PJ. Bupati OKU Bersama Ketua TP. PKK Melakukan Panen Perdana Jagung Biota-18 Demplot Percontohan

diskominfo
By diskominfo Desember 13, 2022 08:12

PJ. Bupati OKU Bersama Ketua TP. PKK Melakukan Panen Perdana Jagung Biota-18 Demplot Percontohan

PJ. Bupati OKU Bersama Ketua TP. PKK Melakukan Panen Perdana Jagung Biota-18 Demplot Percontohan Bertempat di Kelurahan Sekarjaya Kecamatan Baturaja Timur, Senin (12/12/2022).

Panen jagung ini merupakan panen pertama demplot percontohan dengan menggunakan jenis bibit Biota-18 yang sudah menerapkan paket teknologi Biota yang ramah lingkungan, biaya murah, hasil panen meningkat, mudah di kerjakan.

Usaha kebun jagung ini kerjasama dengan PT. Tunas Harmoni Abadi di lahan pertanian seluas 1,5 Ha yang berlokasi di kelurahan Sekarjaya kecamatan Baturaja Timur.

Kepala dinas Pertanian kabupaten OKU Ir. Joni Saihu mengatakan saat ini harga jual jagung di kabupaten OKU sedang mengalami penurunan. Harga jagung kering berkisar Rp.3.500 perkilogram dari harga sebelumnya Rp.5000.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres OKU AKP. Ujang Abdul Azis yang juga ketua kelompok tani new normal bersyukur dengan capaian hasil yang sangat memuaskan pada panen perdana tersebut. Namun dirinya berharap pendapatan panen hendaknya juga di sesuaikan dengan harga jual komoditinya.

Pada kesempatan ini, PJ. Bupati OKU H.Teddy Meilwansyah mengatakan kebun jagung yang dikomandoi Kasat Narkoba Polres OKU AKP. Ujang Abdul Azis ini merupakan sebuah komitmen pemerintah dalam mendukung program Sumsel mandiri pangan sekaligus kebun percontohan dengan metode bibit baru.

Hasilnya sangat memuaskan karena panen sebelumnya di kecamatan Lengkiti untuk 1 Ha hanya menghasilkan 6 ton. Namun kali panen kali ini bisa mencapal 9 ton untuk 1 Ha.

Ditambahkan Teddy, perkebunan jagung itu di namai jagung new normal sebab di tanam pada musim kemarau yaitu pada bulan Agustus. Namun hasilnya tetap bisa maksimal, apalagi jika ditanam saat ada curah hujan.

Hadir pula pada acara ini oleh, mewakili Polres OKU, OPD terkait, kelompok tani, dan undangan lainnya.

Sumber : Protokol&Komunikasi Pimpinan Setda OKU

diskominfo
By diskominfo Desember 13, 2022 08:12